Friday, March 02, 2007

Fendi Kerja di Taiwan

Waktu awal masuk sekolah, saya sempat telepon kantor perwakilan Tianshi di Taipei, waktu itu sebatas say hello saja. Gak lama saya ditelepon balik, katanya ada juga distributor Tianshi dari Indonesia, kuliah di Feng Chia University, kebetulan satu kampus, pas banget. Namanya Eko. Waktu itu kantor perwakilan Tianshi sudah buka tapi belum grand opening. Grand openingnya tanggal 7 Januari 2006.

Beberapa hari kemudian, saya ditelpon sama Eko, kita ketemuan, kenalan, makan malam bareng, trus mampir ke rumah sewaannya, ngobrol. Saya ditawari kerjaan di tempat kerjanya dia. Kerjanya di depot yang jual Bian Dang, bagian nyebar brosur. Karena kebetulan depot itu melayani pesan antar. Saya langsung mau. 2-3 hari kemudian, saya mulai kerja. Pertama kali diajari sama si Jerry, orang Indonesia juga. Dulu dia yang bagian nyebar brosur disana.



Yang pakai kaca mata tu Eko, tau kan yang mana Jerry? Ini foto tempat kerja saya.



甲味燒肉飯 (Jia Wei Shao Rou Fan), nama depotnya Jia Wei, masakan specialnya nasi daging panggang. Usaha ini juga difranchisekan. Siapa yang mau beli franchisenya? Bisa beli lewat saya. LOL

Sekarang saya dan Linda sudah sama-sama punya kerjaan. Range jam kerja saya mulai dari jam 10.00 s/d jam 18.00. Tapi karena mulai hari Senin s/d Kamis, jam 12.00 baru pulang sekolah, jadi saya biasanya jam 12.30 baru pergi kerja. Perjalanan kurang lebih 30 menit. Sampai tempat kerja, makan siang dulu, gratis. Jadi kira-kira jam 13.00 mulai nyebar brosur. Kalau hari Jum’at, sekolahnya cuma sampai jam 10.00 jadi berangkat kerjanya lebih pagi.

Jadi tiap hari pulang sekolah saya nyebar brosur ke kantor-kantor, toko-toko, dan rumah-rumah. Kerjanya nak sepeda campur jalan kaki.



Seringkali di sela-sela waktu bekerja, saya mampir ke taman untuk istirahat, kadang-kadang sambil tidur siang, LOL. Nyuri waktu dikit, kerja 5 jam, tidur 2 jam. Di Taichung banyak taman kota, biasanya setiap sore selalu ramai, banyak orang berolah raga, anak-anak bermain, dan orang-orang tua yang duduk-duduk sambil ngobrol.



Itu seragam polisi Taiwan. Waktu itu ada acaranya polisi di taman dan kebetulan ada polisi yang lewat saya minta tolong dia fotoin. Untung aja dia gak tau kalau saya lagi kerja. Kalau tau bisa ketangkap trus dipulangin ke Indonesia. Karena dengan visa pelajar seperti yang saya gunakan, seharusnya gak boleh kerja, illegal. Kecuali untuk anak-anak yang sekolah D2 atau S1 karena mereka punya ijin kerja. Tapi sekarang anak-anak yang belajar bahasa juga bisa applu untuk dapat ijin kerja, dengan catatan sudah satu tahun di Taiwan.

Setiap hari kurang lebih jam 17.00 saya pulang kerja. Sebelum pulang, bungkus nasi dulu, bawa pulang untuk makan malam kami berdua. Lumayan, selama kerja disana gak pernah keluar uang makan, kecuali pas weekend, karena setiap hari Sabtu dan Minggu saya gak kerja.

Oya, pertama kali kerja bayaran saya NT 90/ jam. Linda waktu kerja di Huo Guo juga sama. Tapi waktu jadi baby sitter, NT 200/ jam. Yang paling banyak, kalau bisa ngajar Inggris. Untuk orang Asia, minimal NT 500/ jam. Kalau orang bule, lulusan S1, bisa sampai NT 1.000/ jam. Hitung aja sendiri, bisa dapat berapa dia per bulan?
Luar biasa bukan? Makanya, perdalam kemampuan bahasanya. Bahasa apa aja, siapa tahu suatu saat Anda ke negara yang butuh dengan bahasa yang Anda kuasai, Anda bisa dapat duit banyak tanpa perlu kerja kasar.



Sebelum saya beli komputer sendiri, pulang kerja saya mampir dulu ke kampus, biasa, internetan. Sampai kira-kira jam 21.00 saya pulang rumah, mandi, kalau ada PR ya kerja PR, kalau pas besoknya ada tes, ya belajar. Sambil nunggu Linda pulang kerja. Kalau Linda gak lembur, kita biasanya makan malam bareng.

Waktu awal-awal di Taiwan, setiap hari kegiatannya ya seperti itu. Pagi sekolah, siang sampai sore kerja, malam kerja PR atau belajar, kadang nonton TV bentar, terus tidur dah.
Kadang-kadang jalan-jalan ke pasar malam, kebetulan di kampus tempat kita belajar bahasa terkenal dengan pasar malamnya, rame banget. Apalagi kalau malam minggu. Barang-barang juga murah. Kalau sempat main ke Taichung, bilang aja Feng Chia Ye Shi, semua orang pasti tahu.

Pas mulai musim dingin, belum ada kerjaan, badan kurang gerak. Tiap hari badan rasanya meriang, seperti orang masuk angin. Waktu itu di Taiwan dinginnya sampai 5°C. Pakai baju kaos plus sweater, di luarnya pakai jaket kulit lagi karena anginnya besar.



Bandingkan, orang Korea dan orang Indonesia. Kita udah kedinginan, udah sampai pakai syal gitu, dia bilang, “kalau di Korea, ini summer.” Weleh. Maklum, disana sampai turun salju. Kalau di Taiwan gak ada salju, paling dingin cuma 5°C.


Saya betah kerja di sini. Yang pertama karena jam kerjanya fleksibel, kalau misalnya ada urusan lain, gak bisa kerja, gak masalah. Biasanya kampus suka ngadain cultural trip, jalan-jalan keluar kota. Yang kedua, Bosnya juga baik banget. Orang-orang yang kerja di sana, semua seperti saudara. Makan siang, bareng dengan Bos. Yang cewek tu Bosnya.



Setiap tahun ada perayaan tahun baru China, semua karyawan diundang makan. Ada door prize, hadiahnya lumayan gede. Tapi waktu itu saya gak dapat. Pernah juga diajak berlibur ke 墾丁(Ken Ding), 2 hari, gratis, semua biaya ditanggung Bos.



Ada beberapa teman lain juga yang pernah kerja bareng saya disana. Tapi gak ada yang bertahan. Ada yang kerja 2 bulan, dikeluarin, kepala tokonya bilang, “Dia nyebar brosur, gak ada responnya.” Ada lagi yang lain, kerja beberapa hari, gak kuat jalan. Apalagi pas musim panas. Untunglah selama saya nyebar brosur disana, responnya bagus, artinya banyak yang telpon, pesan Bian Dang. Rahasianya cuma satu, setiap berangkat kerja, saya selalu berdoa dulu supaya responnya bagus. And it’s work, yeah!

Bulan Agustus s/d September 2006, saya pulang ke Indonesia satu bulan. Kembali ke Taiwan, kerja lagi, gaji saya naik jadi NT 100/ jam, lumayan lha. Saya kerja disana sampai akhir November 2006 karena saya mutusin untuk tidak melanjutkan studi, saya mutusin pulang ke Indonesia untuk mulai membangun asset saya. Saya sangat terharu karena Bos membuat acara perpisahan untuk saya.



Sebelum pulang ke Indonesia, dari Taiwan saya mampir ke Hong Kong untuk ngembangin jaringan bisnis saya, kebetulan di Hong Kong ada saudara. Tanggal 29 November 2006, saya terbang ke Hong Kong.

2 comments:

dee santoso said...

wah, bagus banget .. bisa info in ke saya lowongan kerja di taiwan ga ke saya? saya cuman lulusan smea (smk) tp saya bisa speak english kok ;-)
please.....kontak ke email saya diasty_w@yahoo.com
terima kasih
salam sukses

IBU TUTI TKI SINGAPUR said...

SAYA SEKELUARGA INGIN MENGUCAPKAN BANYAK TERIMAH KASIH KEPADA AKI NAWE BERKAT BANTUANNNYA SEMUA HUTANG HUTANG SAYA SUDAH PADA LUNAS SEMUA BAHKAN SEKARAN SAYA SUDAH BISA BUKA TOKO SENDIRI,ITU SEMUA ATAS BANTUAN AKI YG TELAH MEMBERIKAN ANKA JITUNYA KEPADA SAYA DAN ALHAMDULILLAH ITU BENER2 TERBUKTI TEMBUS..BAGI ANDA YG INGIN SEPERTI SAYA DAN YANG SANGAT MEMERLUKAN ANGKA RITUAL 2D 3D 4D YANG DIJAMIN 100% TEMBUS SILAHKAN HUBUNGI AKI NAWE DI 085-218-379-259