Tuesday, January 02, 2007

Kerja

Sebelum lulus kuliah, pas lagi garap skripsi, saya sudah kerja sebagai sales mobil Mitsubishi. Waktu itu saya sebagai sales force, kelilingan terus kerjanya. Padahal gak tau juga, mau keliling kemana. Seringnya pulang rumah, tidur siang. Saya gak tau, supervisor saya tau gak ya kelakuan salesnya? Sekarang saya bukain semua, gak papa. Udah lewat. Sekarang dia jadi sponsor saya. Kerja bareng lagi.

Kerja jadi sales mobil 4 bulan, saya pindah ke perusahaan lain, jadi sales elektronik merk LG. Benernya si, saya sudah kerasan jadi sales mobil. Tapi karena godaan, gaji yang leibh tinggi, ya mau gak mau. Selain itu, perusahaannya juga giat sekali follow up saya. Panggilan pertama saya gak datang. Saya bilang dalam hati, “Ngapain, saya sudah punya kerjaan. Lagian disana sama aja, sales.” Eh, dipanggil lagi yang kedua. Karena gak enak, saya datang. Ngisi form macam-macam, sempat interview juga dengan kepala cabangnya. Malah saya sempat nawari dia mobil, untuk operasional kantor. Tapi waktu itu katanya dia sudah beli. Ndak lama, saya ditelpon, kalau gak salah, hari Rabu disuruh mampir ke kantor, ngambil surat pengantar untuk psiko test. Saya gak ambil surat pengantarnya. Hari Sabtu baru saya mampir, eh gak taunya, suratnya sudah diantar ke rumah. Bayangkan coba, pernah ndak Anda ngalami seperti itu? Dikejar-kejar ama perusahaan. Itu masa jaya-jayanya saya kali ya?

Bulan pertama kerja di sana, wah gajinya kok banyak ya? Asalnya waktu kerja jadi sales mobil, gaji cuma Rp 250rb, cuma cukup buat makan siang 1 kali dan buat beli bensin motor. Waktu itu harga bensin masih seribu lebih. Sekarang terima gaji Rp 1jt. Luar biasa kan? 4 kali lipat. Bulan kedua, masih kerasa banyak. Bulan ketiga, kok Rp 1jt rasanya sedikit ya? Sudah mulai kurang. Padahal masih ada bonus lain kalau penjualannya bagus. Tapi saya gak bisa nabung. Kalau waktu jadi sales mobil, walaupun gajinya Cuma Rp 250 ribu, tapi sampingannya, banyak. Jadi walalupun dalam satu bulan cuma jual 1 mobil, saya tetap bisa dapat duit banyak.

Lima bulan jadi sales electronic, saya keluar. Karena bosan. Bayangkan, setiap sales dikasi tanggung jawab untuk megang 20an toko, dalam dan luar kota. Setiap hari ada barang yang harus ditawari ke toko-toko itu. Jadi setiap hari kerjanya ya nelponin 20 toko itu. Pertama kali nelpon, masih basa basi, kedua kali juga masih ada bahan untuk basa basi sedikit. Lama-lama? Udah gak tau mau ngomong apa? Nah, itu yang buat saya bosan, ketemu dengan orang yang sama terus setiap hari. Itu sekitar tahun 2002. Tapi nanti kalau sama istri, pasti beda dong. Gak mungkin bosan.

Di waktu yang sama saudara saya nawari untuk jadi distributor produk bayi. Kebetulan saudara saya ditunjuk oleh pabrik produk bayi untuk jadi distributor di Jawa Timur. Jadi saya berhenti kerja selain bosan, juga karena pengen fokus di produk bayi. Sebelum saya keluar, saya sempat double kerjaan. Sambil keliling elektronik, saya juga keliling produk bayi. Nyuri-nyuri waktu gitu. Biasanya nelpon toko-toko itu pagi jam 9 jam 10an. Mulai jam 11 atau setelah makan siang di kantor, keluar untuk nagih. Biasanya toko-toko gak mau kalau didatangi jam segitu, sore baru boleh nagih. Ya udah, daripada buang waktu, saya keliling ke baby shop-baby shop, nawari produk bayi.

Kerja double itu lumayan menyita waktu. Pulang kerja, abis makan malam, saya mulai nyiapin produk bayi untuk besok dikirim. Mulai dari buat nota, ngepak barang, ngirim barang, semua saya kerjakan sendiri. Memang makan waktu dan tenaga. Tapi justru disitu saya merasa, kalau kita sibuk, kita malah jadi lebih bisa ngatur waktu. Lebih bisa menghargai waktu. Artinya apa? Di dalam kesempitan, asal mau, kita pasti bisa menemukan kesempatan. Kreativitas kita akan muncul dengan sendirinya.

Malahan setelah berhenti kerja dan memutuskan untuk fokus di produk bayi, saya malah jadi gak karuan. Pagi yang biasanya jam 7 sudah bangun, sekarang jam 10 atau jam 11 baru bangun. Abis itu, kalau malas, gak keliling. Atau kalau pas lagi keliling, udah rencana ni, mau mapir ke toko A misalnya. Eh, di tengah jalan, lagi asik-asik nyetir, teman nelpon “Dimana? Mampir sini dulu.” Jadi muter stir, belok, ke tempat teman dulu. Akhirnya gak nyari orderan. Ya, itulah tantangannya kalau kerja sendiri, jadi bos atas diri sendiri. Harus bisa disiplin.

Untung dorongan dalam diri saya cukup kuat. Saya mau berubah. Bagaimana caranya? Mulai saya cari karyawan, bagian gudang, 1 orang untuk bantu saya ngepak dan ngirim barang. Karyawan masuk jam 8, masak bos bangun jam 10? Kan gak lucu? Berarti karyawan dibayar nganggur dong? Mulai itu, saya biasa bangun pagi lagi. Saya dulu gak tahan kalau liat karyawan saya nganggur, ada perasaan rugi. Makanya kalau pas dia lagi nganggur, saya suruh dia stok opname, ngitung sisa barang yang ada di gudang. Biar gak rugi. Hahaha…

Cukup lama saya kerja produk bayi, waktu itu usaha sempat berkembang, saya punya 2 orang karyawan, 1 orang bagian gudang, 1 orang lagi administrasi. Saya bagian keliling, nyari order. Waktu kerja di electonic, setiap nagih, balik ke kantor bawa cek puluhan juta, ratusan juta. Barang elektronik kan mahal. Waktu kerja produk bayi, dapat cek 1 juta aja, senangnya minta ampun. Udah mulai ngitung, wah, dapat untung berapa ni ya? Maklum, duit sendiri. Kalau udah untung agak lumayan, makan siangnya di tempat yang agak enakan, apalagi kalau nagih, terima duit cash. Waktu itu managemen keuangannya kacau.

Nah, waktu saya kerja produk bayi, omset paling tinggi Rp 30 juta sebulan, tiba-tiba supervisor saya di dealer mobil dulu, Pak Juanda nelpon saya,
“Fen, gimana kabarnya? Ada waktu maen ke kantor.”
Ok pak, nanti saya mampir.

Namanya juga bos atas diri sendiri, mau kemana aja, kapan aja, gak masalah.
Saya mampir ke kantornya, disitu saya ditawari sebuah bisnis MLM. Saya sudah sering dengar sebelumnya, juga pernah dipresentasi. Tapi waktu itu, saya gak nyantol blas apa yang disampaikan. Terus terang saya ndak pernah negatif dengan MLM, tapi saya belum ngerti aja. Saya taunya MLM itu nyari orang, dengan agak maksa-maksa dikit. Trus penghasilannya menurut saya agak gak masuk akal. Jadi waktu itu saya cuma bilang, ya, saya pikir-pikir dulu deh pak, sambil senyum-senyum. Akhirnya saya lupakan begitu saja.

Kurang lebih 1,5 tahun kerja produk bayi, dengan terpaksa perusahaan saya harus tutup. Karena pabrik yang menyuplai produk bayi bermasalah. Nah, disini mulai saya mengalami masa-masa susah. Sempat saya nganggur 3 bulan, gak ada kerjaan. Suruh ngelamar kerja, saya males. Saya sudah merasakan enaknya kerja sendiri. Nganggur 3 bulan, saya dapat duitnya ya dari saudara saya itu, yang nawari jadi distributor produk bayi. Saya sungkan mau minta sama orang tua. Saudara saya itu sering nyuruh saya untuk ngantar surat penawaran ke PLN Gresik, kebetulan bisnis utamanya adalah general supplier alat-alat teknik. Saya sering bantu-bantu. Sering dikasi duit juga. Jadi selama 3 bulan itu, saya hidupnya dari situ.

Abis itu, waktu itu lagi musimnya direct mail. Lagi booming, dimana-mana di Surabaya, banyak muncul majalah iklan baru. Buat majalah iklan yang disebar ke rumah-rumah. Teman saya ngajak saya kerja sama buat direct mail. Isinya mobil-mobil yang mau dijual. Waktu itu ngitung-ngitung, modalnya kok kecil banget ya? Cuma Rp 5 juta sudah bisa. Nekat, kita buat. Udah pasang deadline, terbit tanggal sekian. Mulai keliling nyari orderan, nyari orang yang mau pasang iklan. Ternyata, udah dekat deadlinenya, tidak ada yang mau pasang iklan. Tapi mau bagaimana lagi? Edisi perdana, mau gak mau harus terbit. Untuk menarik kepercayaan konsumen. Akhirnya dipaksa terbit, mobilnya siapa saja yang ada, dipajang, buat rame-ramean, mobilnya saudara sepupu saya waktu itu, kebetulan dia tinggal serumah dengan saya. Mobilnya teman saya yang lain, biar penuh. Akhirnya terbit edisi perdana, garapnya sampai lembur-lembur, sampai pagi gak tidur. Edisi perdana terbit 8 halaman. Bayangkan, hanya 8 halaman, termasuk cover (4 halaman).

Usaha itu sempat jalan beberapa bulan. Selama itu, duit yang didapat cuma cukup untuk nutup biaya cetak saja. Biaya operasional lainnya, ditutup pakai tabungan masing-masing. Salah perhitungan, ternyata duit Rp 5 juta itu cuma cukup untuk biaya cetak. Biaya operasional tidak pernah diperhitungkan. Namanya juga pengusaha baru. Jadi belum tau seluk beluknya. Dulu waktu kerja produk bayi kan gak pake modal, barangnya disupply dulu, laku baru bayar.

Usaha direct mail sudah mulai kembang kempis, kita mulai mikir banting stir. Banting stir mulai coba-coba usaha advertising. Buat papan iklan. Kebetulan ada teman yang usaha buat papan iklan. Dia nawari kerja sama. Saya yang nyari order, untuk pembuatannya di sub kontrak ke teman saya itu. Sejak pertama kali berdiri, mulai dari direct mail, sampai advertising, kita sempat bertahan 1 tahun tanpa hasil. Disini saya mulai bingung. Mulai stress, setiap hari mikirin gimana caranya dapat duit? Sampai-sampai saya ndak bisa tidur. Rasanya otak ndak pernah berhenti mikir. Terus terang waktu itu saya bener-bener merasakan yang namanya stress.

Di tengah-tengah stress yang berat, saya bertemu dengan temannya tunangan saya, waktu itu masih pacar. Kebetulan dia Bos besar. Masih muda, sudah jadi bos. Neruskan usaha orang tua. Saya beranikan diri untuk ketemu dengan dia. Maksudnya mau ngajak kerja sama buat majalah iklan. Di rumah saya sudah nyiapkan apa yang mau diomongkan, tapi tanpa proposal tertulis. Omong punya omong, akhirnya saya ditawari untuk kerja di perusahaannya. Karena butuh dana, tawaran itu saya terima. Saya bekerja sebagai marketing & promotion staff. Dengan gaji awal Rp 1,5 juta. Usaha direct mail dan advertising saya tutup. Partner saya yang masih melanjutkan sendiri untuk usaha advertisingnya.

6 bulan kerja di tempat baru, gaji saya habis untuk bayar hutang yang harus saya tanggung di usaha saya yang sebelumnya.

Seperti yang sudah-sudah, saya juga mulai bosan bekerja disitu. Setiap hari saya harus pergi pagi, pulang petang, penghasilan pas-pasan. Selain itu saya juga gak pernah betah untuk seharian stay di kantor. Tapi di perusahaan itu semuanya berawal sampai saya menjadi seperti sekarang ini.

Disana saya mulai mengenal yang namanya internet. Karena memang ada fasilitas internet. Setiap meja staff ada komputer yang bisa dipakai untuk connect ke internet. Waktu kuliah, saya juga sudah mengenal internet. Tapi dulu saya taunya kalau internet itu cuma untuk email-emailan, atau baca-baca berita. Tidak ada fungsi lainnya. Dulu waktu kuliah, saya tidak pernah tertarik dengan internet. Setiap kali ketemu teman, saya tanya mau kemana? Mereka jawab, “Cek email”. Dalam hati saya mikir, “email dari siapa yang mau dicek? Sok-sok’an tu orang.” Karena waktu itu saya gak pernah gitu. Saya pernah beberapa kali buat email. Hari ini buat, besok sudah lupa. Nah, waktu saya kerja di perusahaan terakhir itu, saya bener-bener baru mengenal internet. Karena disana apa-apa pake email. Saya mau ngasi no rek ke HRD untuk transfer gaji, disuruh email. Padahal saya sudah datang ke mejanya, tinggal nulis aja kan beres, eh, disuruh email. Waktu itu saya belum tau gimana caranya pakai email di kantor. Tapi karena tuntutan kerjaan dan lingkungan kerja, akhirnya saya belajar juga. Nah, disana saya mulai sadar, bahwa internet membuat segalanya menjadi praktis.

Setelah saya menyadari gunanya internet, saya mulai mikir, “saya pingin punya bisnis yang bisa saya kerjakan dimana saja, kapan saja saya mau”. Anyplace-anytime. Saya bilang sama tunangan saya waktu itu, kebetulan kita satu kantor, namanya Linda.
“Lin, aku pengen punya kerjaan yang bisa tak kerjakan kapan saja dan dimana saja aku mau”.
Dia nyegir, “mana ada kerjaan seperti itu?”
Memang waktu itu saya belum tau, kerjaan apa. Saya cuma bilang,
“pasti ada, kerja pakai internet. Misalnya designer, masarkan lewat internet, nti ngirim designnya juga lewat internet, kan bisa.”
Tapi karena saya bukan designer, jadi saya harus mikir lagi, “kerjaan apa ya kira-kira?”



Impian saya begitu kuat. Setiap ada waktu kosong, saya browsing. Nyari-nyari bisnis apa yang bisa saya kerjakan di internet. Akhirnya saya ketemu dengan suatu peluang bisnis online. Saya tertarik dengan bisnis tersebut karena ada pelajaran tentang internet marketingnya. Sebelumnya saya kumpulin beberapa info dari sponsor saya, dan akhirnya saya join. Disitu saya mulai mengenal yang namanya internet marketing. Saya merasa menemukan jalan saya, menemukan impian saya. Apalagi upline leader saya adalah salah satu TOP internet marketer dunia. Cewek, asli Bandung, masih muda. Namanya Anne Ahira. Beliau sudah berpenghasilan ribuan dolar dari internet. Bukan hanya dari bisnis ini saja. Ini yang membuat saya semakin semangat, saya semakin yakin bahwa impian saya untuk bisa bekerja dimana saja dan kapan saja mulai terkabul.

1 comment:

nissanmedan said...

saya pengen juga belajar internet marketing mas.. tapi ga tw di mana.. :(